HOW TO SALE WELL?
( Ditinjau Dari Segi Psikologis
Konsumen )
How to be a good marketer?
1.
Individu
harus mengetahui Product Knowledge ® Why?
2.
Individu
harus menguasai perilaku konsumen ® Apa itu?
Perilaku konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi?
§
Orang
yang bekerja dengan otot?
§
Orang
yang bekerja dengan otak?
§
Orang
yang bekerja dengan kaki?
§
Orang
yang bekerja dengan tangan?
§
Orang
yang bekerja dengan semua organ tubuh?
Kriteria
pemasar yang baik
1.
Personal
touch adalah mampu ‘membaca’ konsumen ( mengetahui karakteristik konsumen ).
Tujuan agar pemasar dapat selaras dengan konsumen, sehingga dapat mempengaruhi
konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.
2.
Jujur
adalah dapat menjelaskan kelebihan dan kelemahan produk secara apa adanya.
Hasil survey perilaku konsumen
2004 oleh lacooca ( GM dari CRYSLER / perusahaan mobil nomer 3 di USA selama 7
tahun ) : 1 = 250 orang ( kejujuran ) ; 1 = 500 orang ( kebohongan ).
3.
Adviser
( pemberi nasehat ) adalah harus dapat berperilaku dari sudut pandang konsumen
untuk dapat mengetahui apa yang konsumen mau / butuhkan.
Adviser yang baik adalah mampu
mengkondisikan apa yang menjadi keinginan konsumen untuk memiliki sesuatu
dengan kapasitas konsumen.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi psikologi adalah :
1.
Motivasi
Motivasi sebagai tenaga dorong
dalam diri individu yang memaksa mereka untuk bertindak, yang timbul sebagai
akibat kebutuhan yang tidak terpenuhi.
Motivasi muncul karena adanya
kebutuhan yang dirasakan. Kebutuhan sendiri muncul karena konsumen merasa
ketidaknyamanan (state of tension) antara yang seharusnya dirasakan dan yang
sesungguhnya dirasakan.
2.
Persepsi
Sebagai proses yang dilakkukan
individu untuk memilih, mengatur, dan menafsirkan stimuli kedalam gambar yang
berarti dan masuk akal.
3.
Sikap
Adalah perasaan dari konsumen
(positif dan negative) dari suatu objek setelah dia mengevaluasi objek
tersebut. semakin banyak objek yang dievaluasi akan semakin banyak sikap yang
terbentuk.
4.
Kepribadian
Karakteristik konsumen yang
mempengaruhi perilaku mereka dalam melakukan pembelian.
Pengaruh dari keturunan, dan
lingkungan sosial.
Pengertian
dan faktor perilaku konsumen dalam mekanisme pasar dan penjualan :
§
Proses
yang dilalui oleh seseorang / organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan,
mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi
kebutuhannya.
§
Perilaku
konsumen akan diperlihatkan dalam beberapa tahap yaitu tahap sebelum pembelian,
pembelian, dan setelah pembelian.
§
Pada
tahap sebelum pembelian konsumen akan melakukan pencarian informasi yang
terkait produk dan jasa. Pada tahap pembelian, konsumen akan melakukan
pembelian produk, dan pada tahap setelah pembelian, konsumen melakukan konsumsi
(penggunaan produk), evaluasi kinerja produk, dan akhirnya membuang produk
setelah digunakan.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi perilaku konsumen meliputi (peter & olson, 1999:7)
§
Budaya,
contoh : bali (anyaman untuk sesajen)
§
Sosial,
contoh : kelas mobil (status sosial)
§
Pribadi,
contoh : gaya hidup artis
§
Psikologi
Mengapa
perlu mekanisme psikologis dalam pasar dan penjualan:
§
Menurut
psikologi, semakin banyak orang mengetahui sesuatu yang akan dipasarkan akna
semakin meningkat rasa percaya diri
§
Contoh:
mahasiswa berhasil dalam MLM
SSumber: Kuliah Pengembangan Diri
SSumber: Kuliah Pengembangan Diri
0 komentar:
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar