Sabtu, 16 Juni 2012

HOW TO SALE WELL?


HOW TO SALE WELL?
( Ditinjau Dari Segi Psikologis Konsumen )

How to be a good marketer?
1.      Individu harus mengetahui Product Knowledge ® Why?
2.      Individu harus menguasai perilaku konsumen ® Apa itu?
Perilaku konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi?

§  Orang yang bekerja dengan otot?
§  Orang yang bekerja dengan otak?
§  Orang yang bekerja dengan kaki?
§  Orang yang bekerja dengan tangan?
§  Orang yang bekerja dengan semua organ tubuh?

Kriteria pemasar yang baik
1.      Personal touch adalah mampu ‘membaca’ konsumen ( mengetahui karakteristik konsumen ). Tujuan agar pemasar dapat selaras dengan konsumen, sehingga dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.
2.      Jujur adalah dapat menjelaskan kelebihan dan kelemahan produk secara apa adanya.

Hasil survey perilaku konsumen 2004 oleh lacooca ( GM dari CRYSLER / perusahaan mobil nomer 3 di USA selama 7 tahun ) : 1 = 250 orang ( kejujuran ) ; 1 = 500 orang ( kebohongan ).

3.      Adviser ( pemberi nasehat ) adalah harus dapat berperilaku dari sudut pandang konsumen untuk dapat mengetahui apa yang konsumen mau / butuhkan.

Adviser yang baik adalah mampu mengkondisikan apa yang menjadi keinginan konsumen untuk memiliki sesuatu dengan kapasitas konsumen.

Faktor-faktor  yang mempengaruhi psikologi adalah :
1.      Motivasi
Motivasi sebagai tenaga dorong dalam diri individu yang memaksa mereka untuk bertindak, yang timbul sebagai akibat kebutuhan yang tidak terpenuhi.
Motivasi muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan. Kebutuhan sendiri muncul karena konsumen merasa ketidaknyamanan (state of tension) antara yang seharusnya dirasakan dan yang sesungguhnya dirasakan.

2.      Persepsi
Sebagai proses yang dilakkukan individu untuk memilih, mengatur, dan menafsirkan stimuli kedalam gambar yang berarti dan masuk akal.

3.      Sikap
Adalah perasaan dari konsumen (positif dan negative) dari suatu objek setelah dia mengevaluasi objek tersebut. semakin banyak objek yang dievaluasi akan semakin banyak sikap yang terbentuk.

4.      Kepribadian
Karakteristik konsumen yang mempengaruhi perilaku mereka dalam melakukan pembelian.
Pengaruh dari keturunan, dan lingkungan sosial.

Pengertian dan faktor perilaku konsumen dalam mekanisme pasar dan penjualan :
§  Proses yang dilalui oleh seseorang / organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya.
§  Perilaku konsumen akan diperlihatkan dalam beberapa tahap yaitu tahap sebelum pembelian, pembelian, dan setelah pembelian.
§  Pada tahap sebelum pembelian konsumen akan melakukan pencarian informasi yang terkait produk dan jasa. Pada tahap pembelian, konsumen akan melakukan pembelian produk, dan pada tahap setelah pembelian, konsumen melakukan konsumsi (penggunaan produk), evaluasi kinerja produk, dan akhirnya membuang produk setelah digunakan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen meliputi (peter & olson, 1999:7)
§  Budaya, contoh : bali (anyaman untuk sesajen)
§  Sosial, contoh : kelas mobil (status sosial)
§  Pribadi, contoh : gaya hidup artis
§  Psikologi

Mengapa perlu mekanisme psikologis dalam pasar dan penjualan:
§  Menurut psikologi, semakin banyak orang mengetahui sesuatu yang akan dipasarkan akna semakin meningkat rasa percaya diri
§  Contoh: mahasiswa  berhasil dalam MLM

SSumber: Kuliah Pengembangan Diri

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Purna Ismail Design by: Yanmie at Permata Hatiku Blinking Hello Kitty Angel